Rafiesta Mahasiswa Teknokrat Juara Nasional Lomba Matematika

Bandarlampung, LE-plus.com
Meski baru dibuka, Program Pendidikan Matematika (S1) di Universitas Teknokrat Indonesia, masiswanya sudah bisa berprestasi di tingkat nasional.

Rafiesta Ratu Anderha mahasiswa Universitas Teknokrat yang meraih juara dalam lomba Matematika tingkat nasional. Ia meraih juara 2 dalam lomba Esai Matematika Nasional (Lemnas) yang digelar oleh Gema Mahasiswa Matematika Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Dosen Pembimbing Universitas Teknokrat Sugama, SPd, MPMat, mendampingi Rektor Universitas Teknokrat Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE, MBA, Kamis (23/11/2017), mengatakan, Lemnas diikuti sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia.

Setelah dilakukan melalui tahapan, Rafiesta mahasiswa Teknokrat semester satu Prodi Matematika keluar sebagai juara 2. Sedangkan juara 1 diraih oleh Prihantini dari Universitas Negeri Yogyakarta dan M. Fikri dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Masih menurut Sugama, lomba yang dilaksanakan dengan cara Esai online pada pertengahan Oktober lalu. Esai yang dilombakan bertemakan “Menjawab Problematika Pendidikan Indonesia. “Dari problem tersebut lalu dicari solusi problematikanya dengan matematika.

Dalam lomba ini, lanjut Sugama, mahasiswa Teknokrat Rafiesta membuat esai tentang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA 2016/2017. Data dihimpun dari Kemendiknas.Lalu mengambil data UN sekitar 300 sekolah Lalu dicari korelasi nilai mata pelajaran. Ada enam mata pelajaran yang diujikan dalam UN yaitu, Kimia, Biologi, Matematika, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Dari enam mata pelajaran tersebut

lanjut Sugama, dicari dimana tempat korelasinya. Setelah dilakukan pendalaman dari enam mata pelajaran yang ada rupanya Matematika mempengaruhi bidang studi lainnya. “Teori graf matenatikan minimum spanning tree (MST), bahwa Matematikan menjadi pusat pelajaran yang lain,” ujar Sugama.

Dalam lomba ini, penilaian esai diambil 4 besar yang masuk dari, UNY, Teknokrat, UPI Bandung dan STKIP Siliwangi Bandung. Lalu dilakukan penilaian lagi melalui video pada 19 November 2017. Dari empat perguruan tinggi yang masuk empat besar, setelah dilakukan penilaian lagi, Teknokrat keluar sebagai juara 2, juara 1 dari UNY dan juara 3 UPI.(LE-jam)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan