Kakanwil Kemenag Ingatkan Pentingnya Data

Bandarlampung, LE-plus.com
Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Lampung mengadakan Workshop Penguatan Data EMIS PAIS Pontren Tahun 2017. Whorshop digelar selama tiga hari mulai dari 17-19 November 2017 di Hotel Nusantara Sukarame Bandarlampung.

Acara diikuti 40 orang peserta terdiri dari Kepala Seksi PAIS/Pontren/PAKIS/PENDIS Kabupaten/Kota, serta Operator di Tingkat Kemenag Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung. Workshop dibuka langsung oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Lampung Drs. H. Suhaili, M.Ag didampingi Kabid Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam H. Daswir, SE, MM.

Kakanwil Suhaili mengatakan, membangun data itu mahal dan sulit, tapi jauh lebih mahal dan sulit jika membangun tanpa data.

Selanjutnya Suhaili menerangkan, dalam rangka meningkatkan kualitas perencanaan program pendidikan Islam yang dikenal dengan Education Manajemen Information System (EMIS), hendaknya pengambilan kebijakan yang baik harus didukung dengan perencanaan yang baik.

Sedangkan proses perencanaan yang baik harus didukung dengan ketersediaan data yang berkualitas dan baik. Ia mengatakan data EMIS adalah sumber utama referensi data di lingkup Ditjen Pendidikan Islam, baik di pusat maupun daerah.

Untuk itu,  Kakanwil Kemenag mengharapkan kepada seluruh peserta agar data EMIS dapat terupdate secara periodic, terjamin kelengkapan, keakuratan dan ketepatan waktunya. Serta dapat dimanfaatkan dan digunakan oleh seluruh pemangku kepentingan untuk berbagai keperluan, terutama untuk mendukung perencanaan dan pengambilan kebijakan. (LE-jam)

Beri rating artikel ini!
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan