banner 728x90

BPJS Kesehatan Dorong Peningkatan Kualitas Pelayanan di Rumah Sakit

banner 468x60

Panaragan, LE-plus.com
Kepala Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Tulangbawang Barat, Dody Sumardi, berupaya terus mendorong peningkatan kualitas pelayanan kesehatan bagi pesertanya. Saat ini kualitas pelayanan khususnya di rumah sakit atau Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) menjadi salah satu urgensi yang harus terus dibenahi.

Hal itu diungkapkannya terkait banyaknya isu yang dikeluhkan peserta JKN KIS BPJS Kesehatan, terkait keluhan penebusan obat diluar rumah sakit. Menururut dia, pihak rumah sakit tidak diperkenankan meminta pasien peserta BPJS menebus obat di luar, dengan alasan apapun. Apabila ditemukan masyarakat harus menyampaikan pengaduan bila mendapat perlakuan tersebut.

“Tidak diperkenankan. Semua pelayanan kesehatan menjadi kewajiban RS untuk menyediakan dengan obatnya. Jadi tidak boleh ada lagi auto-pocket dari pasien karena pembiayaannya itu sudah paket semuanya termasuk obat,” kata Dody, Kamis (09/11/2017).

Dody mengungkapkan, tidak ada istilah obat tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI No 28 Tahun 2014, pasien BPJS berhak mendapatkan obat yang tercantum dalam formularium nasional (fornas) dengan model pembiayaan paket inasibijis (diagnosa penyakit pasien menurut dokter). Jika ada obat di luar fornas, tetap dapat diberikan dan menjadi tanggung jawab rumah sakit.

Apabila terbukti ada kejadian semacam itu, Dody mengatakan, masyarakat dapat melaporkan kepada BPJS. Prosedur pengaduan dapat dilakukan lewat call center BPJS di 1500400 atau hubungi Novita 08117997458 petugas kepersertaan dan pelayanan peserta JKN KIS Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Selain itu dapat menghubungi posko pengaduan di kantor BPJS. Pihaknya berjanji akan melakukan follow up (mengikuti) kepada RS yang bersangkutan. “Tidak ada istilah penyakit tidak ditanggung BPJS, semua penyakit harus dilayani rumah sakit,” ungkapnya. (LE-Joni)

banner 468x60
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan